Tingginya tingkat polusi seperti yang saat ini sedang kita rasakan, tentu sangat berpengaruh dengan kesehatan tubuh terutama kulit yang terpapar polusi, sinar matahari, virus dan kuman secara langsung. Untuk itu, merawat kulit dari luar saja tentunya tidak cukup, asupan makanan yang dikonsumsi juga sangat mempengaruhi kesehatan kulit. Berikut ini 10 makanan yang bisa membantu mendapatkan kulit glowing dan sehat dari dalam!

Berbagai jenis berries

Sudah tidak asing lagi bahwa buah berries mengandung vitamin C yang tinggi serta antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Strawberry dan blueberries termasuk buah yang rendah kalori dan juga tinggi nutrisi, cocok untuk menyeimbangkan diet sehat dan membuat kulit semakin glowing karena kandungan vitamin yang ada di dalamnya.

Brokoli

Sayuran satu ini memang banyak manfaatnya, terutama untuk kulit. Brokoli mengandung vitamin A dan C,  mineral, lutein atau zat serupa beta karoten dan zinc yang dapat membantu mencegah kulit kering, kerutan halus dan mengaja kesehatan kulit dari dalam. Brokoli juga mengandung sulforaphane yang membantu menjaga kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan menyeimbangkan kolagen pada kulit.

Kedelai

Mengkonsumsi kedelai saat ini sudah bisa dinikmati dengan berbagai cara yang menyenangkan. Dalam bentuk susu kedelai atau kedelai muda yang dikukus (edamame) yang biasa menjadi cemilan. Kedelai mengandung linoleic acid, asam lemak yang bisa menjaga kolagen pada kulit dan mengurangi kerutan halus. Untuk wanita yang sudah memasuki masa menopause, kedelai membantu mengasilkan kolagen agar kulit tetap kencang dan halus.

Teh hijau

Rutin mengkonsumsi teh hijau ternyata memilik manfaat yang banyak untuk kulit. Komponen catechins yang terdapat dalam teh hijau  bisa membantu menyehatkan kulit dari dalam. Tidak hanya itu, teh hijau juga mengandung antioksidan yang tinggi yang bisa menjaga kulit dari kemerahan akibat terkena paparan sinar matahari, menjaga elastisitas dan kelembapan kulit. Untuk mendapatkan antioksidan yang maksimal dari teh hijau, sebaiknya hindari meminumnya dengan campuran susu karena akan mengurangi khasit yang ada di dalam teh tersebut.

Ikan salmon

Selain lezat, ikan salmon memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kulit. Karena mengandung lemak Omega 3 yang tinggi, membuat kulit menjadi lebih kenyal dan lembab. Tidak hanya itu, lemak Omega 3 yang terkandung pada salmon bisa mengurangi inflamasi yang timbul akibat dari kemerahan dan jerawat. Lemak yang ada pada ikan salmon juga mengandung vitamin E, antioksidan yang penting untuk kulit.