Makanan Yang Cocok Untuk Setiap Golongan Darah

Sering merasa gagal dalam mengatur pola makan dan diet? Mungkin karena kamu belum mencoba cara satu ini!

Teknik mengatur asupan makanan yang disesuaikan untuk setiap golongan darah menjadi terkenal semenjak seorang naturopathy, Dokter Peter J. D’Adamo menerbitkan sebuah buku yang berjudul “Eat Right For Your Type”. Menurut dr. D’Adamo, setiap golongan darah mempunyai jenis diet dan makanan yang berbeda-beda. Dengan mengonsumsi makanan yang tepat sesuai golongan darahmu, maka tubuh akan dapat mencerna makanan dengan baik. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih bertenaga, tidak mudah terserang penyakit, dan berat badan akan menjadi stabil.

GOLONGAN DARAH A

Untuk kamu yang memiliki golongan darah A sebaiknya mulai lebih banyak mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, tahu, biji-bijian, kalkun, dan makanan laut. Hindari konsumsi daging secara berlebihan. Perbanyak konsumsi makanan organic and fresh karena golongan darah A cenderung mempunyai sistem imun yang sensitif. 

Untuk menurunkan berat badan, pemilik golongan darah A disarankan untuk mengonsumsi nanas, minyak zaitun, makanan laut, sayuran, dan kedelai. Hindari makanan yang mengadung olahan susu, kacang merah, gandum, serta jagung.

GOLONGAN DARAH B

Nah, untuk kamu yang bergolongan darah B, makanan yang baik untuk kamu konsumsi adalah daging, buah, makanan laut, susu, dan biji-bijian. Sedangkan ayam, kacang merah, kacang tanah, dan gandum adalah jenis makanan yang lebih baik kamu hindari. Selain itu, hal yang harus diperhatikan lagi, karena golongan darah B rentan terkena penyakit jantung, jadi kurangi makanan yang terlalu berlemak dan berminyak, ya.

Untuk menurunkan berat badan, golongan darah B dapat mengonsumsi lebih banyak sayuran hijau, telur, hati, dan licorice.

GOLONGAN DARAH O

Selanjutnya untuk golongan darah O, akan lebih baik jika kamu mengonsumsi makanan yang berprotein tinggi, banyak sayur-sayuran, dan ikan. Namun, untuk kacang-kacangan dan biji-bijian, sebaiknya kamu konsumsi dalam jumlah yang terbatas. Jangan lupa untuk menghindari susu, jagung, dan gandum. 

Dokter D’Adamo juga merekomendasikan pemilik golongan darah O untuk mengkonsumsi berbagai suplemen yang bervariasi untuk membantu permasalahan perut yang kerap dialami oleh pemilik golongan darah O.
Untuk menurunkan berat badan, golongan darah O dapat memilih makanan laut, daging merah, brokoli, bayam, dan minyak zaitun.

GOLONGAN DARAH AB

Last but not least, untuk para golongan darah AB, makanan yang baik untuk dikonsumsi adalah susu, domba, tahu, ikan, buah-buahan, dan biji-bijian. Sedangkan ayam, jagung, gandum, dan kacang merah sebaiknya dihindari, ya. Lalu, karena golongan darah AB cenderung memiliki problem dengan asam lambung, kamu sebaiknya menghindari atau mengurangi minuman berkafein, beralkohol, dan mengurangi makanan seperti daging asap. 

Untuk menurunkan berat badan, pemilik golongan darah AB dapat mengonsumi tahu, makanan laut, sayuran hijau, dan rumput laut.

Selamat mencoba menerapkan pola makan berdasarkan golongan darah!

Leave a Reply